Ini harapan pemdes tanjung menang,dengan lakukan giat posiandu dalam menjaga kesehatan masyarakat di desa.

oleh -17 views

 

BENGKULU selatan -rintisnews.com
Pemerintah Desa tanjung menang Kecamatan seginim, Kabupaten Bengkulu Selatan, melakukan Posbindu lanjut usia di ruang perawat desa, Rabu (21/4/2021). Posbindu ini adalah singkatan dari Pos Pembinaan Terpadu Untuk Penyakit Tidak Menular.

Sedangkan Kegiatan Posbindu adalah kegiatan yang melibatkan peran serta masyarakat dalam rangka deteksi dini, pemantauan dan tindak lanjut dini faktor risiko penyakit tidak menular secara mandiri dan berkesinambungan. Posbindu bisa dikatakan sebagai kegiatan UKBM, upaya kesehatan bersumber daya masyarakat, jadi jangan kaget nanti selain ada kader Posyandu di kampung juga akan ada kader posbindu, kader lansia, dan kader lainnya.

Manfaat atau tujuan dari posbindu umumnya lebih kepada meningkatkan kesejahteraan hidup bagi mereka yang sudah berumur, termasuk juga lansia. dan lebih di kedepankan terhadap kontrol PTM. Biasanya dengan adanya kegiatan posbindu di masyarakat maka mereka yang memiliki penyakit diabetes, DM, dll akan dapat terkontrol sehingga derajat hidup mereka akan semakin baik.

Kegiatan yang biasanya sering dilakukan dalam pelaksanaan kegiatan posbindu di masyarakat ini adalah pemeriksaan fisik, mulai dari urin, darah, berat badan, tinggi badan. Jika ada keluhan maka bisa dirujuk ke Puskesmas. Biasanya petugas puskesmas akan ikut membina kegiatan ini karena ini juga menjadi salah satu program UKM yang bersumber daya dari masyarakat itu sendiri.

POSBINDU PTM (Pos Pembinaan Terpadu Penyakit Tidak Menular) merupakan kegiatan yang rutin dilaksanakan setiap bulan pada hari Rabu 21/4/2021 di ruang perawat desa tanjung menang kecamatan seginim dilaksanakan. Kegiatan ini bertujuan untuk meningkatkan Pola Hidup Bersih dan Sehat serta menurunkan resiko kejadian Penyakit Tidak Menular dimasyarakat Desa yang mana beberapa tahun ini meningkat, contohnya seperti DM (Diabetes Mellitus), Jantung, Strok, Hipertensi dan Lain-lain.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.